Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Uji Coba Melawan Tanzania, Timnas Indonesia Persiapkan Diri Hadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia hadapi Tanzania dalam laga uji coba untuk pemanasan jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026. Shin Tae-yong ingin melihat kondisi fisik para pemainnya.

Sport.Supersell.id – Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba melawan Tanzania pada Minggu, 2 Juni 2024 di Stadion Madya Senayan, Jakarta. Pertandingan yang akan digelar pukul 16.00 WIB ini menjadi ajang pemanasan bagi Skuad Garuda jelang menghadapi Irak dan Filipina di babak kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pelatih kepala timnas, Shin Tae-yong, mengatakan bahwa laga melawan Tanzania akan dijadikan bahan evaluasi dan penguatan performa serta melihat peningkatan fisik para pemain. Shin ingin melihat kondisi anak asuhnya, apalagi rata-rata pemain baru saja menyelesaikan kompetisi bersama klub.

Shin Tae-yong Tak Pedulikan Hasil

“Untuk match besok, lebih penting meningkatkan performa dan uji coba fisik para pemain supaya bisa bermain lawan Irak dengan 90 menit penuh daripada melihat hasil,” ujar Shin dalam sesi jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (1/6).

Pelatih asal Korea Selatan itu juga mengakui bahwa dirinya belum sempat menganalisis kekuatan Tanzania. Shin menegaskan akan lebih fokus pada fisik dan kondisi para pemainnya.

“Jadi akan lebih fokus pada permainan kami sendiri seperti apa saat melawan Tanzania. Untuk itu, besok akan lebih ke cek kondisi para pemain seperti apa, dan tidak akan fokus sama sekali terhadap hasil. Mohon jangan melihat hasil besok seperti apa dan berharap besok hasil harus bagus,” kata Shin.

timnas tanzania

Asnawi Mangkualam Anggap Laga Penting untuk Persiapan

Gelandang timnas, Asnawi Mangkualam, memandang pertandingan melawan Tanzania sangat penting untuk mematangkan persiapan di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Asnawi menyebut laga pada 6 dan 11 Juni nanti adalah pertandingan penting bagi Indonesia agar bisa melaju ke babak berikutnya.

“Memang ada beberapa pemain yang belum hadir, tetapi semua pemain yang hadir di beberapa hari ini sudah mempersiapkan dan dalam kondisi yang baik, semoga di pertandingan besok bisa memberikan yang terbaik dan terhindar dari cedera,” ujar Asnawi.

Tanzania Datang Jauh-jauh demi Cari Pengalaman Beda

Menariknya, meski laga Indonesia vs Tanzania tidak masuk dalam FIFA Match Day, tim tamu tetap antusias untuk datang ke Indonesia. Tanzania rela menempuh perjalanan sekitar 8.780 km dari Afrika Timur ke Asia Tenggara.

BACA JUGA:  Indonesia vs Irak: Pertarungan Sengit di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pelatih Tanzania, Hemed Suleiman, mengatakan timnya tetap mendapatkan keuntungan dari pertandingan persahabatan ini. Bagi Tanzania, prioritas utamanya adalah melakoni laga internasional dengan nuansa berbeda.

Main di Afrika, Eropa, kini Asia

“Kami butuh rasa yang berbeda dalam bermain, normalnya kami bermain di Afrika, sekarang di Asia, bulan lalu kami di Eropa,” kata Hemed.

“Kami ingin mencari kategori yang berbeda yang memberikan pengalaman berbeda kepada pemain dan tim, kami tak akan berhenti di sini, mungkin kami akan ke tempat lain lagi untuk bermain dan itu memberikan keuntungan bagi pemain,” imbuhnya.

Hemed menegaskan bahwa pertandingan ini akan membuat pemain Tanzania berkembang karena mereka mendapatkan pengalaman yang beraneka ragam. Sama seperti Indonesia, Tanzania juga tengah bersiap menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Prediksi dan Jadwal Siaran Langsung Indonesia vs Tanzania

Jelang laga nanti, Indonesia dalam kepercayaan diri yang tinggi setelah menang dua kali atas Vietnam. Skuad Garuda tampil solid dan tak kebobolan. Namun, Indonesia belum bisa menurunkan kekuatan terbaiknya karena beberapa pemain seperti Jay Idzes dan Justin Hubner kemungkinan absen.

Di sisi lain, Tanzania punya keunggulan fisik layaknya negara-negara Afrika. Mereka juga memiliki pemain berbahaya seperti Novatus Miroshi yang kini membela Shakhtar Donetsk. Faktor fisik ini harus diwaspadai pemain Indonesia yang banyak datang usai liburan setelah kompetisi berakhir.

Pertandingan Indonesia vs Tanzania akan disiarkan langsung Indosiar dan live streaming Vidio pada Minggu, 2 Juni 2024 mulai pukul 16.00 WIB. Laga digelar di Stadion Madya Senayan, Jakarta dan tiket dijual seharga Rp250 ribu.

Indonesia Berpeluang Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi

Usai melawan Tanzania, Indonesia akan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni di Stadion Gelora Bung Karno dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Garuda berpeluang besar lolos ke babak ketiga.

BACA JUGA:  Indonesia vs Irak: Pertarungan Sengit di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Saat ini Indonesia mengumpulkan 7 poin atau selisih 5 poin dari Irak di puncak klasemen. Skuad Garuda setidaknya butuh tambahan 3 poin lagi untuk mengunci posisi runner-up grup dan melaju ke fase selanjutnya. Vietnam di posisi ketiga baru mengoleksi 3 poin, sementara Filipina di dasar klasemen dengan 1 poin.

Ajang Pemanasan Sebelum Lawan Irak dan Filipina

Laga uji coba Indonesia vs Tanzania menjadi ajang pemanasan penting bagi Skuad Garuda jelang menghadapi dua laga krusial di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pelatih Shin Tae-yong ingin melihat kondisi fisik dan performa anak asuhnya, sementara Tanzania datang jauh-jauh untuk mencari pengalaman berbeda.

Dengan persiapan matang lewat pertandingan persahabatan ini, Indonesia berpeluang besar meraih hasil positif saat menjamu Irak dan Filipina nanti. Tambahan poin akan membuat langkah Skuad Garuda ke babak ketiga kualifikasi semakin terbuka lebar. Semoga Timnas Indonesia bisa menampilkan permainan terbaik dan meraih hasil gemilang.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *