Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Tosin Adarabioyo, Bek Tengah Berbakat yang Merapat ke Chelsea

Tosin Adarabioyo, bek tengah berbakat asal Inggris, resmi bergabung dengan Chelsea dari Fulham dengan kontrak 4 tahun. Kepindahannya memperkuat lini belakang The Blues

Sport.Supersell.id – Chelsea baru saja mengumumkan perekrutan Tosin Adarabioyo, bek tengah berbakat asal Inggris dari klub tetangga Fulham. Kepindahan ini menjadi berita transfer terbaru yang cukup menyita perhatian pecinta sepakbola, khususnya para penggemar The Blues.

Mari kita bahas lebih dalam tentang sosok Tosin Adarabioyo dan apa yang bisa ia berikan untuk Chelsea di musim 2024/2025 mendatang.

Profil Tosin Adarabioyo

Tosin Adarabioyo lahir di London pada 24 September 1997, namun ia dibesarkan di Manchester. Ia memulai karir sepakbolanya di akademi Manchester City saat berusia 5 tahun. Tosin menjalani jenjang muda di City dan kerap menjadi kapten tim U-18 di usia 16 tahun.

Debut profesional Tosin terjadi pada Februari 2016 saat Man City bertandang ke Stamford Bridge di ajang Piala FA. Ia kemudian tampil 7 kali lagi bersama tim utama City di dua musim berikutnya. Tosin juga sempat dipinjamkan ke West Brom dan Blackburn Rovers di Championship sebelum akhirnya pindah permanen ke Fulham pada Oktober 2020.

Performa Tosin Adarabioyo di Fulham

Tosin Adarabioyo

Musim pertama Tosin bersama Fulham di Premier League cukup mengesankan. Ia tampil 33 kali dan banyak mendapat pujian atas adaptasinya di kasta tertinggi Liga Inggris. Musim berikutnya, Tosin menjadi pilar penting Fulham dengan 44 penampilan di semua kompetisi dan membantu timnya promosi kembali ke Premier League.

Dua musim terakhir, Tosin terus menjadi andalan di lini belakang Fulham. Ia total sudah tampil 45 kali di Premier League dan berkontribusi besar membawa The Cottagers finis di peringkat 10 dan 13. Performa apiknya menarik minat banyak klub besar, termasuk Chelsea yang akhirnya berhasil mendapatkan tanda tangannya.

BACA JUGA:  Carabao Cup: Turnamen Sepakbola Inggris yang Seru dan Penuh Kejutan!

Mengapa Chelsea Merekrut Tosin Adarabioyo?

Chelsea memang sedang membutuhkan amunisi baru di lini pertahanan menyusul kepergian bek senior Thiago Silva. Tosin Adarabioyo dianggap sebagai pilihan yang tepat karena ia masih muda (26 tahun), punya fisik yang bagus (tinggi 196 cm), dan sudah berpengalaman main di Premier League.

Tosin juga pemain yang cukup lengkap. Selain kuat dalam duel udara dan tekel, ia juga piawai membangun serangan dari lini belakang. Data statistik musim lalu menunjukkan Tosin unggul dibanding beberapa bek Inggris lain seperti Marc Guehi, Lewis Dunk, dan Ezri Konsa dalam hal persentase memenangi duel bertahan, intersep, dan sapuan (clearance) per 90 menit.

Prospek Tosin Adarabioyo di Chelsea

Dengan kemampuan yang ia miliki, Tosin Adarabioyo berpeluang besar menjadi pilihan utama di jantung pertahanan Chelsea musim depan. Ia akan bersaing dengan bek-bek muda potensial lain seperti Wesley Fofana dan Benoit Badiashile untuk merebut tempat di starting XI.

Kehadiran pelatih baru Enzo Maresca juga bisa jadi angin segar bagi Tosin. Maresca dikenal sebagai pelatih yang suka memainkan sepakbola atraktif dan memberi kesempatan pada pemain muda. Ini sesuai dengan profil Tosin yang punya visi bagus dalam memulai serangan.

Jika bisa cepat beradaptasi, bukan tidak mungkin Tosin akan menjadi salah satu bek tengah terbaik Liga Inggris dalam beberapa tahun ke depan. Usianya yang masih 26 tahun juga membuat Chelsea bisa mendapatkan servisnya dalam jangka panjang.

Apakah Tosin Layak Masuk Timnas Inggris?

Sejauh ini Tosin baru sekali membela Timnas Inggris U-19 di level junior. Di level senior, ia belum pernah dipanggil meski performanya cukup konsisten dalam beberapa musim terakhir. Padahal secara kualitas, Tosin sebenarnya tidak kalah dibanding bek-bek muda Inggris lainnya.

BACA JUGA:  Ian Maatsen: Bintang Muda Chelsea yang Tersingkir dari Skuad Belanda di Euro 2024

Musim lalu saja, Tosin unggul dalam beberapa aspek dibanding John Stones yang merupakan langganan Timnas Inggris. Jika bisa tampil reguler dan impresif bersama Chelsea, bukan mustahil Tosin akan masuk radar Gareth Southgate atau siapapun pelatih The Three Lions di masa depan.

Transfer Cerdas Chelsea

Rekrutmen Tosin Adarabioyo bisa dibilang transfer yang cerdas dari Chelsea. Mereka mendapatkan bek muda berbakat dengan harga yang relatif murah (free transfer). Tosin punya potensi besar untuk menjadi andalan The Blues dalam jangka panjang jika bisa memenuhi ekspektasi.

Bagi Tosin sendiri, kepindahan ke Chelsea menjadi kesempatan emas untuk menunjukkan kualitasnya di level tertinggi. Jika sukses, ia bisa mengikuti jejak bek-bek top Inggris seperti John Terry atau Rio Ferdinand. Kita nantikan saja bagaimana sepak terjang Tosin Adarabioyo bersama The Blues musim depan!

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *