Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Thibaut Courtois Absen di Euro 2024, Apa Penyebabnya?

Thibaut Courtois absen di Euro 2024 karena dianggap belum fit oleh pelatih Belgia, meski baru saja tampil di final Liga Champions. Keputusan kontroversial ini memicu spekulasi adanya perselisihan pribadi antara Courtois dan sang pelatih.

Courtois Tak Masuk Skuad Belgia untuk Euro 2024

Sport.Supersell.id – Kabar mengejutkan datang dari kiper bintang Real Madrid, Thibaut Courtois. Penjaga gawang berusia 32 tahun ini ternyata tidak masuk dalam skuad timnas Belgia untuk Euro 2024. Padahal, Courtois baru saja tampil gemilang saat membawa Real Madrid juara Liga Champions.

Pelatih timnas Belgia, Domenico Tedesco, menilai Courtois belum cukup fit untuk tampil di turnamen sebesar Euro 2024. Alhasil, Tedesco lebih memilih memanggil Koen Casteels, Thomas Kaminski, dan Matz Sels untuk mengawal gawang Belgia.

Keputusan Tedesco ini tentu saja mengundang tanda tanya besar. Bagaimana mungkin kiper sekelas Courtois yang baru saja tampil di final Liga Champions dianggap belum fit? Ada apa sebenarnya di balik keputusan kontroversial ini?

Courtois Cedera Parah Musim Lalu

Memang benar, Courtois sempat menepi cukup lama musim lalu karena cedera ligamen lutut yang cukup parah. Dia absen hampir sepanjang musim 2023/2024 dan baru kembali merumput di penghujung musim.

Meski begitu, Courtois mampu menunjukkan performa terbaiknya saat membela Real Madrid di final Liga Champions. Dia tampil sebagai pahlawan kemenangan Los Blancos dengan sejumlah penyelamatan gemilang.

Karena itu, alasan “belum fit” yang dikemukakan Tedesco jadi terasa janggal. Jika memang belum pulih benar, mustahil Courtois bisa tampil sebegitu apiknya di laga sepenting final Liga Champions, bukan?

Apa Kata Tedesco Soal Absennya Courtois?

Domenico Tedesco
Domenico Tedesco

Dalam jumpa pers jelang laga perdana Belgia di Euro 2024 kontra Slovakia, Tedesco akhirnya buka suara soal keputusannya tidak memilih Courtois.

“Dia jujur dan jelas. Dia yang paling tahu kondisi tubuhnya, dan bermain setiap 3-4 hari selama turnamen itu berbeda,” ujar Tedesco.

BACA JUGA:  Kenan Yildiz: Bintang Muda Turki yang Siap Bersinar di Euro 2024

“Jadi, setelah mempertimbangkan semuanya, kami rasa dia belum siap untuk Euro. Tentu saja, kami sekarang berencana dengan para pemain yang mampu bermain,” imbuhnya.

Tedesco menegaskan bahwa keputusan tidak memilih Courtois murni karena pertimbangan kebugaran, bukan faktor lain. Namun sepertinya, ada hal lain yang tak diungkap ke publik.

Hubungan Tedesco-Courtois Memanas Tahun Lalu

Tedesco dan Courtois memang dikabarkan sempat terlibat perselisihan tahun lalu, tak lama setelah Tedesco ditunjuk sebagai pelatih anyar Belgia pada Februari 2023.

Kala itu, Tedesco menunjuk Romelu Lukaku sebagai kapten dalam laga kualifikasi Euro 2024. Courtois yang saat itu baru genap tampil 100 kali untuk Belgia merasa kecewa karena tidak diberi ban kapten. Dia berharap bisa memakai ban kapten di laga kandang perdananya usai mencapai caps ke-100.

“Fakta bahwa saya tidak lagi merasakan apresiasi dari federasi dan pelatih membuat sesuatu meledak dalam diri saya,” ujar Courtois kepada Sporza.

“Pelatih tidak berusaha mencari solusi tapi hanya mengatakan akan menceritakan semuanya ke pers. Dia ingin menekan saya untuk tidak pergi dan mengancam saya,” tambahnya.

Sejak saat itu, Courtois tidak pernah lagi dipanggil memperkuat timnas Belgia. Apakah perseteruan dengan Tedesco menjadi penyebab utama absennya Courtois di Euro 2024?

Belgia Tanpa Courtois di Laga Perdana Euro 2024

Tanpa Courtois, Belgia memulai petualangannya di Euro 2024 dengan kekecewaan. Di laga perdana Grup E, Senin (17/6) malam WIB, Belgia secara mengejutkan takluk 0-1 dari Slovakia.

Gol tunggal Slovakia dicetak Ivan Schranz di menit 7, memanfaatkan blunder fatal Jeremy Doku di depan kotak penalti. Belgia yang tampil dominan gagal mencetak gol penyama kedudukan hingga laga usai.

BACA JUGA:  Inggris Dikalahkan Islandia 1-0 di Laga Pemanasan Terakhir Jelang Euro 2024

Koen Casteels yang dipercaya mengawal gawang Belgia tampil cukup solid, tapi tak mampu mencegah kekalahan timnya. Absennya sosok Courtois yang biasa menjadi benteng kokoh di bawah mistar jelas terasa di laga ini.

Setelah laga, cuitan Courtois di Twitter soal tidak dipilihnya dia untuk Euro 2024 kembali viral. Saat akun Pickx Sports memposting pernyataan Tedesco yang mengklaim sudah berusaha menyelesaikan masalahnya dengan Courtois, sang kiper membalasnya dengan tiga emoji “hidung Pinokio”.

Emoji tersebut biasa dipakai untuk menyindir seseorang yang berbohong. Sepertinya, Courtois ingin menegaskan bahwa Tedesco tidak berkata jujur soal upayanya menyelesaikan perselisihan di antara mereka.

Benarkah Courtois Disingkirkan karena Masalah Personal?

thibaut courtois

Terlepas dari klaim Tedesco, banyak pihak menduga absennya Courtois di skuad Euro 2024 bukan semata karena faktor kebugaran. Perselisihan sang kiper dengan pelatih asal Italia itu diyakini jadi penyebab utama.

Courtois sendiri pernah blak-blakan menyebut Tedesco tidak berusaha menyelesaikan masalah di antara mereka. Dia bahkan menuding sang pelatih sengaja menekan dan mengancamnya agar tidak meninggalkan timnas.

Jika benar demikian, ini tentu jadi preseden buruk bagi sepak bola Belgia. Bagaimana mungkin kiper terbaik dunia saat ini disingkirkan dari tim nasional hanya karena masalah personal dengan sang pelatih?

Apapun alasannya, absennya Courtois jelas jadi kerugian besar bagi Belgia di Euro 2024 ini. Pengalaman dan kualitas sang kiper bakal sangat dibutuhkan jika Belgia ingin berbicara banyak di turnamen ini.

Tanpa Courtois, Belgia terancam gagal mengulang prestasi sebagai semifinalis seperti di Piala Dunia 2018 lalu. Bahkan bukan tidak mungkin, langkah mereka bakal terhenti lebih cepat jika performa seperti saat melawan Slovakia terulang.

Kita nantikan saja seperti apa kiprah Belgia tanpa Courtois di Euro 2024 ini. Yang pasti, kontroversi seputar absennya sang kiper bintang masih akan terus jadi perbincangan hangat selama turnamen berlangsung.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *