Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Panama vs Amerika Serikat: Emosi Labil Weah Jadi Petaka!

Dalam laga Panama vs Amerika Serikat, Copa America, Panama mengejutkan tuan rumah Amerika Serikat dengan skor 2-1 setelah Tim Weah diganjar kartu merah

Sport.Supersell.id – Laga sengit Grup C Copa America 2024 antara Panama vs Amerika Serikat di Mercedes-Benz Stadium, Atlanta, Jumat (28/6/2024) pagi WIB, berakhir dengan kejutan. Panama berhasil menang 2-1 atas Amerika yang bermain dengan 10 orang sejak menit ke-18 menyusul kartu merah untuk Tim Weah.

Gol kemenangan Panama dicetak oleh Jose Fajardo di menit ke-83. Meski Panama juga harus kehilangan Adalberto Carrasquilla yang diusir wasit 5 menit kemudian akibat tekel keras pada Christian Pulisic, skor 2-1 tetap bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat Amerika dan Panama sama-sama mengoleksi 3 poin di klasemen Grup C. Namun Amerika unggul selisih gol sehingga menempati posisi kedua. Di laga pamungkas, Amerika wajib menyamai hasil Panama untuk lolos ke fase gugur. Mereka akan menghadapi Uruguay sementara Panama berjumpa Bolivia.

Emosi Labil Weah Rugikan Amerika

Panama vs Amerika Serikat

Laga berjalan sengit sejak menit awal. Di menit ke-18, emosi Tim Weah tersulut dan ia mendorong kepala Roderick Miller di luar bola. Wasit awalnya memberi kartu kuning, namun setelah meninjau VAR, ia mengubahnya menjadi kartu merah.

Weah pun harus meninggalkan lapangan lebih awal. Ia tampak menyesal dan menutupi wajahnya dengan jersey saat berjalan ke lorong stadion. Keputusan bodoh Weah ini sangat merugikan Amerika yang harus bermain dengan 10 orang selama lebih dari 70 menit.

“Ke depannya, kami harus bisa mengendalikan emosi di situasi-situasi tertentu,” ujar gelandang Amerika Tyler Adams usai pertandingan. “Tim sudah berjuang habis-habisan setelah kami kebobolan. Anda tidak bisa menyalahkan usaha kami.”

Balogun Sempat Beri Harapan

Meski bermain dengan 10 orang, Amerika sempat membuat publik tuan rumah bersorak. Di menit ke-22, Folarin Balogun mencetak gol indah dari luar kotak penalti untuk membawa Amerika unggul 1-0.

Namun kegembiraan itu tak berlangsung lama. Hanya berselang 4 menit, Cesar Blackman menyamakan kedudukan untuk Panama dengan tembakan dari tepi kotak penalti. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

BACA JUGA:  Paraguay vs Brasil: Vinicius Jr Bersinar, Brasil Gasak Paraguay 4-1 di Copa America 2024

“Ada hal-hal sebelum kartu merah yang merugikan kami,” kata Balogun. “Tentu saja, kami mungkin bisa mendapat beberapa keputusan menguntungkan, tapi itulah sepakbola.”

Kiper Turner Cedera

Amerika juga harus kehilangan kiper Matt Turner yang cedera setelah berbenturan dengan bek Panama Cesar Blackman di menit ke-12. Turner digantikan Ethan Horvath saat jeda.

Di babak kedua, Horvath nyaris kebobolan penalti di menit ke-64. Namun setelah meninjau VAR, wasit membatalkan penalti yang awalnya diberikan untuk pelanggaran bek Amerika Cameron Carter-Vickers.

Fajardo Pecahkan Kebuntuan

Peluang terbaik Amerika di babak kedua datang di menit ke-81. Sundulan Ricardo Pepi masih bisa ditepis kiper Panama Orlando Mosquera.

Tak lama berselang, Panama akhirnya memecah kebuntuan. Abdiel Ayarza mengirim umpan silang yang dituntaskan dengan apik oleh Jose Fajardo di menit ke-83. Panama unggul 2-1.

Meski Carrasquilla diusir di menit ke-88 usai menjegal Pulisic, Panama berhasil mempertahankan keunggulan hingga laga tuntas. Kemenangan dramatis ini membuat persaingan di Grup C semakin ketat.

Laga Hidup Mati Lawan Uruguay

Kekalahan ini membuat Amerika wajib meraih hasil lebih baik atau sama dengan Panama di laga terakhir untuk lolos ke perempat final. Mereka akan menghadapi Uruguay yang merupakan salah satu favorit juara.

“Dengan memenangi laga pertama, kami masih punya peluang di pertandingan terakhir,” kata Adams. “Kami harus menang melawan Uruguay. Jika kami ingin melaju jauh di turnamen ini, kami memang harus mengalahkan tim-tim seperti Uruguay.”

Pelatih Amerika Gregg Berhalter juga menegaskan timnya siap menghadapi tekanan di laga hidup mati nanti. “Kami tahu kami harus meraih hasil dan kami akan melakukannya. Kami percaya pada kekuatan grup ini,” ujarnya optimis.

BACA JUGA:  Messi Bawa Argentina Taklukkan Kanada di Laga Pembuka Copa America 2024

Weah Minta Maaf

Usai laga, Tim Weah meminta maaf kepada rekan-rekannya atas kartu merah yang ia dapat. “Saya menghormati perjuangan rekan-rekan setim karena mereka berjuang untuk setiap bola, setiap duel, setiap menit, dan kami masih menciptakan peluang meski bermain dengan 10 orang. Ini menunjukkan kualitas kami,” ucap Weah.

Mampukah Amerika bangkit di laga penentuan melawan Uruguay? Akankah Panama memanfaatkan momentum ini untuk mengamankan tiket 8 besar? Saksikan laga-laga terakhir Grup C Copa America 2024 yang dijamin bakal berlangsung seru!

Susunan Pemain Panama vs Amerika Serikat

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner (Ethan Horvath); Sergiño Dest, Chris Richards, Tim Ream, Antonee Robinson; Tyler Adams (Johnny Cardoso), Weston McKennie, Gio Reyna (Cameron Carter-Vickers); Tim Weah, Folarin Balogun (Ricardo Pepi), Christian Pulisic.

Panama (4-2-3-1): Orlando Mosquera; Michael Murillo, Roderick Miller, Edgardo Fariña, Eric Davis; Adalberto Carrasquilla, Anibal Godoy; Cesar Blackman (Freddy Gondola), Yoel Barcenas, Eduardo Guerrero (Jose Fajardo); Ismael Diaz (Abdiel Ayarza).

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *