Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Kenan Yildiz: Bintang Muda Turki yang Siap Bersinar di Euro 2024

Kenan Yildiz, bintang muda Turki dari Juventus yang diminati Liverpool. Siap bersinar di Euro 2024 bersama Timnas Turki.

Sport.Supersell.id – Kenan Yildiz, pemain muda berusia 19 tahun asal Turki, saat ini tengah menjadi sorotan publik. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini merupakan salah satu talenta muda paling menjanjikan di skuad Juventus.

Yildiz bergabung dengan Juventus pada Juli 2022 dari Bayern Munich dengan status bebas transfer. Sebelumnya, ia memulai karir juniornya di klub kampung halamannya, SV Sallern Regensburg, sebelum pindah ke Bayern Munich pada Juli 2012.

Di Juventus, Kenan Yildiz dengan cepat menunjukkan bakatnya. Ia melakukan debut tim utama pada awal musim 2023/24. Secara bertahap, perannya semakin vital. Total ia bermain 32 kali di semua kompetisi, mencetak 4 gol dan 1 assist dalam hampir 1.000 menit bermain.

Debut Gemilang Bersama Timnas Turki

Performa apik Yildiz bersama Juventus membuatnya mendapat panggilan ke timnas Turki senior. Ia melakukan debut untuk negaranya tahun lalu dan sejauh ini sudah tampil sebanyak 7 kali.

Bahkan dalam pertandingan persahabatan melawan Jerman November lalu, Yildiz mencetak gol yang membawa Turki menang. Ini membuktikan kualitasnya di level internasional.

Gaya Bermain Unik ala Kenan Yildiz

Meski berposisi sebagai penyerang, gaya bermain Yildiz lebih mirip seorang playmaker. Ia tidak mengandalkan fisik atau kecepatan, melainkan kontrol bola yang rapat dan kemampuan mengolah bola di ruang sempit.

Kenan Yildiz piawai memutar badan menghindari tekanan lawan dan menggunakan gerak kaki yang rapi untuk mempertahankan penguasaan bola. Ia juga cerdik dalam mengubah tempo permainan untuk membuat lawan kehilangan keseimbangan.

Statistik menunjukkan kehebatannya dalam menggiring bola. Yildiz mampu melakukan 2,19 dribble sukses per 90 menit dengan tingkat keberhasilan 65,7%. Sentuhannya yang lembut juga terlihat dari umpan-umpannya yang akurat dan kreatif.

BACA JUGA:  Nico Williams, Bintang Muda Athletic Bilbao yang Memikat Hati Klub-klub Top Eropa

Kekurangan Yildiz Sebagai Penyerang

Namun, Yildiz masih punya kelemahan sebagai penyerang kedua. Ia belum konsisten mencetak peluang untuk dirinya sendiri. Yildiz hanya melepaskan 1,81 tembakan per 90 menit dengan xG 0,15 per 90 menit dalam hampir 1000 menit bermain. Angka yang masih di bawah rata-rata untuk seorang penyerang muda.

Hal ini mungkin disebabkan keterbatasannya dalam melakukan penetrasi ke kotak penalti lawan karena kurangnya akselerasi. Yildiz juga perlu lebih proaktif mencari ruang di belakang pertahanan lawan.

Posisi Terbaik untuk Yildiz

Melihat karakteristiknya, banyak yang berpendapat Kenan Yildiz lebih cocok berperan sebagai gelandang serang atau playmaker. Kemampuannya beroperasi di ruang sempit serta visi bermainnya lebih sesuai untuk posisi tersebut.

Sayangnya, taktik pelatih Juventus Max Allegri yang tidak terlalu dominan penguasaan bola kurang cocok dengan gaya bermain Yildiz. Namun dengan pelatih baru Thiago Motta yang menerapkan sepakbola atraktif, Yildiz berpeluang mendapat posisi yang lebih pas.

Siap Bersinar di Euro 2024

Euro 2024 bisa jadi panggung bagi Yildiz untuk unjuk gigi di kancah internasional. Turki tergabung di Grup F bersama Portugal, Belgia, dan Swedia. Meski bukan unggulan, peluang lolos ke babak 16 besar masih terbuka lebar.

Melawan pertahanan yang tidak seketat di kompetisi klub, pemain teknis seperti Yildiz bisa tampil maksimal. Jika ia sukses membawa Turki melangkah jauh, namanya dipastikan akan semakin bersinar.

Diminati Klub-Klub Elite Eropa

Serangkaian penampilan menawan Yildiz bersama Juventus dan timnas Turki membuatnya menarik minat banyak klub elit Eropa, terutama dari Liga Inggris. Liverpool dilaporkan menjadi salah satu peminat serius tanda tangannya.

The Reds tengah memburu pemain serba bisa di lini serang menyusul masa depan Mohamed Salah, Darwin Nunez, dan Luis Diaz yang tidak pasti. Yildiz dianggap target yang pas untuk memperkuat skuad Jurgen Klopp musim depan.

BACA JUGA:  Rumania vs Ukraina: Duel Seru di Fase Grup Euro 2024

Juventus Ogah Melepas, Harga Selangit

Namun Juventus sepertinya enggan melepas Yildiz dalam waktu dekat. Gazzetta dello Sport melaporkan I Bianconeri hanya akan mempertimbangkan tawaran sebesar 40 juta euro untuk wonderkid asal Turki tersebut.

Mampukah Liverpool atau klub elit Eropa lainnya menggelontorkan dana sebesar itu demi mendapatkan Yildiz? Kita nantikan saja perkembangannya dalam beberapa bulan ke depan.

Yang jelas, Kenan Yildiz adalah nama yang wajib Anda catat saat ini. Bintang muda Turki ini punya potensi besar untuk bersinar di level tertinggi. Penampilannya di Euro 2024 nanti wajib dinantikan!

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *