Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Georges Mikautadze, Pencetak Gol Terbanyak Euro 2024 yang Bawa Georgia Bikin Kejutan Besar

Georges Mikautadze memimpin daftar top skor Euro 2024 dengan 3 gol, membantu Timnas Georgia membuat kejutan di turnamen perdana mereka.

Siapa Sangka, Negara Debutan Ini Bisa Lolos ke 16 Besar Berkat Ketajaman Sang Striker Muda

Sport.Supersell.id – Gelaran Euro 2024 di Jerman diwarnai dengan sejumlah kejutan. Salah satunya datang dari Timnas Georgia yang tampil sebagai debutan. Siapa sangka, negara yang baru pertama kali tampil di turnamen besar ini berhasil melaju ke babak 16 besar. Kunci suksesnya tak lain adalah performa gemilang sang striker muda, Georges Mikautadze.

Georges Mikautadze, Top Skor Sementara Euro 2024

Sejauh ini, Georges Mikautadze sudah mengoleksi 3 gol dari 3 laga yang dilakoni Georgia di fase grup. Torehan ini membuatnya memimpin daftar top skor sementara Euro 2024, unggul satu gol dari sejumlah nama beken seperti Cody Gakpo (Belanda) dan Jamal Musiala (Jerman).

Gol-gol Mikautadze menjadi kunci keberhasilan Georgia menembus fase gugur. Di laga perdana kontra Turki, ia mencetak satu-satunya gol Georgia dalam kekalahan 1-3. Lalu saat ditahan Republik Ceko 1-1, Mikautadze kembali membobol gawang lawan.

Puncaknya terjadi di pertandingan pamungkas Grup F melawan Portugal. Dua gol Georges Mikautadze membawa Georgia menang 2-0 atas Cristiano Ronaldo cs. Hasil ini memastikan Georgia finis di posisi ketiga dan lolos ke 16 besar sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Perjalanan Karier Mikautadze

Georges Mikautadze merupakan pemain kelahiran Prancis berusia 23 tahun. Ia memulai karier profesionalnya di klub Prancis, FC Metz. Setelah menjalani masa peminjaman di Ajax Amsterdam, kini ia kembali membela Metz yang berlaga di Ligue 2.

Bersama Timnas Georgia, Mikautadze melakukan debutnya pada 2021. Total ia sudah tampil 28 kali dan menyumbang 13 gol. Namanya mulai mencuat berkat aksinya di kualifikasi Euro 2024 di mana ia mencetak 5 gol.

BACA JUGA:  Inggris vs Bosnia-Herzegovina, Menang Telak 3-0 The Three Lions Siap Hadapi Euro 2024

Mimpi Georgia Berlanjut di 16 Besar

Georges Mikautadze

Lolosnya Georgia ke 16 besar jelas merupakan pencapaian luar biasa. Pasalnya, mereka harus melalui rute yang terjal untuk bisa tampil di Euro 2024. Setelah gagal lolos dari kualifikasi, Georgia harus turun ke UEFA Nations League.

Di ajang tersebut, mereka keluar sebagai juara grup dan berhak tampil di playoff kualifikasi Euro 2024. Georgia kemudian menyingkirkan Yunani lewat adu penalti untuk memastikan satu tempat di putaran final untuk kali pertama dalam sejarah.

Tantangan Berat Menanti di 16 Besar

Di babak 16 besar nanti, Georgia akan menghadapi lawan tangguh Spanyol. Ini jelas menjadi tantangan berat bagi Kvaratskhelia cs. Maklum, saat bertemu di kualifikasi Euro 2024 lalu, Georgia dibantai Spanyol 1-7.

Namun pelatih Georgia, Willy Sagnol, menegaskan timnya tak gentar menghadapi Spanyol. “Saat Anda menjadi tim kecil dalam sebuah turnamen, Anda tahu tak punya apa-apa untuk dipertaruhkan. Tak ada beban di pundak kami,” ujar Sagnol.

Kvaratskhelia Jadi Tumpuan Harapan

Selain Mikautadze, kekuatan Georgia juga bertumpu pada aksi Khvicha Kvaratskhelia. Pemain sayap Napoli ini tampil mengesankan di laga kontra Portugal. Ia mencetak gol pembuka pada menit kedua yang membuat Georgia percaya diri.

“Ini adalah hari terbaik dalam hidup saya. Kami sudah membuat sejarah dan tak ada yang percaya kami bisa mengalahkan Portugal. Tapi kami menunjukkan pada semua orang bahwa tim Georgia bisa melakukannya,” kata Kvaratskhelia usai pertandingan.

Apa pun hasil akhirnya nanti, Georgia sudah membuat kejutan besar di Euro 2024. Mereka membuktikan bahwa dalam sepakbola, tak ada yang mustahil. Dengan semangat pantang menyerah dan keberanian bermain lepas, tim debutan sekali pun bisa bersaing dengan para raksasa Eropa.

BACA JUGA:  Duel Seru Slovenia vs Serbia di Euro 2024, Siapa yang Bakal Menang?

Sosok Georges Mikautadze jelas menjadi inspirasi bagi rekan-rekannya. Di usia yang masih muda, ia mampu tampil trengginas dan haus gol. Jika konsistensinya terjaga, bukan tak mungkin ia bakal jadi pencetak gol terbanyak di akhir turnamen.

Kini Georgia menatap laga 16 besar dengan penuh percaya diri. Meski Spanyol bukan lawan mudah, mereka bertekad meneruskan mimpi indah di Euro 2024. Siapa tahu, kejutan demi kejutan bakal kembali mereka ciptakan.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *