Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Final NBA 2024: Mavericks Bangkit di Game 4, Celtics Masih Unggul 3-1

Mavericks menang telak 122-84 atas Celtics di game 4 final NBA 2024. Dončić 29 poin, Irving 21. Celtics masih unggul 3-1, berpeluang juara di game 5.

Sport.Supersell.id – Luka Dončić dan Kyrie Irving akhirnya menunjukkan performa terbaik mereka di final NBA 2024. Dončić mencetak 29 poin, 5 rebound, dan 5 assist, sementara Irving menyumbang 21 poin dan 6 assist dalam kemenangan telak 122-84 Mavericks atas Celtics di game 4.

Dilansir ESPN.com, kemenangan ini membuat Mavericks berhasil menghindari sweep dan memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 di final NBA 2024. Namun Celtics masih memimpin seri final NBA 2024 dan akan bermain di kandang mereka, TD Garden, di game 5 untuk meraih gelar juara NBA ke-18.

Mavericks Bangkit Setelah Kritik di Game Sebelumnya

Dončić tampaknya mendengar kritik setelah game 3 final NBA 2024 dan meresponsnya dengan cara yang tepat. Alih-alih terdistraksi dengan protes ke wasit, dia mencurahkan energinya untuk bertahan dan berinteraksi dengan rekan setimnya.

Dončić menyerang dengan efisien, mencetak 22 dari 29 poinnya di dalam paint. Semangatnya yang fokus dan pantang menyerah menular ke rekan-rekannya, terutama rookie Dereck Lively II, yang ikut mendominasi Celtics secara fisik.

Lively Bersinar, Cadangan Mavericks Akhirnya Berkontribusi

Lively menjadi faktor X di game 4 final NBA 2024 ini dengan mencetak 3 poin pertamanya musim ini di kuarter pertama. Kehadirannya di paint membantu Mavericks memanfaatkan kurangnya rim protection Celtics yang kehilangan Kristaps Porziņģis karena cedera kaki kiri.

Sebelumnya di seri final NBA 2024 ini, para pemain cadangan Mavericks nyaris tak berkontribusi, memaksa coach Jason Kidd memainkan 11 pemain di game 3 untuk mencari produksi. Lively akhirnya memberikan itu lewat poin dan rebound yang menjadi kunci kemenangan.

final nba 2024

Celtics Tak Berdaya di Final NBA 2024, Mazzulla Kibarkan Bendera Putih di Kuarter Ketiga

Di sisi lain, Celtics tampil tak berdaya di game 4 final NBA 2024 dan seolah berpikir mereka sudah siap parade juara. Mereka membiarkan Mavericks mencetak 22 poin di paint di kuarter pertama, jumlah yang memalukan untuk dilepaskan.

Meski absennya Porziņģis dan rim protectionnya mungkin berpengaruh, Mavericks memang bertekad menjadi agresor dan Celtics gagal merespons pukulan di mulut mereka. Coach Joe Mazzulla bahkan menyerah dengan menarik para starternya saat kuarter ketiga menyisakan 3:18.

BACA JUGA:  Boston Celtics Raih Gelar Juara NBA ke-18, Pecahkan Rekor Sepanjang Masa!

Tatum dan Brown Teredam

Duet andalan Celtics, Jayson Tatum dan Jaylen Brown, juga tampil di bawah performa terbaik mereka. Tatum hanya mencetak 15 poin dan Brown 10 poin, total terendah mereka di seri final NBA 2024 ini.

Irving berusaha keras menghadapi Tatum, memaksanya melakukan pelanggaran offensive foul. Mavericks juga memaksa Celtics mendapat violation shot clock di possession lain. Dončić pun bertahan, memaksa Celtics meleset di 6 percobaan pertama saat dia menjadi defender utama.

Celtics Mati oleh 3 Poin Sendiri

Celtics selama ini hidup dan mati oleh tembakan 3 poin. Mereka mengambil 56% tembakan dari luar busur 3 poin di 3 game pertama, unggul 49 attempt dibanding Mavericks, tertinggi dalam sejarah NBA.

Di game 4, Mavericks berhasil menyeimbangkan matematika dengan 37 attempt 3 poin dibanding 41 milik Celtics. Ini membuka paint untuk Lively dan Daniel Gafford yang punya keunggulan fisik.

Celtics juga menembak jauh lebih buruk untuk tembakan terbuka di awal game 4 dibanding 3 game sebelumnya. Mereka hanya mencetak 3/9 tembakan terbuka di babak pertama, kontras dengan persentase 50%+ di game-game sebelumnya.

Celtics Masih Difavoritkan Juara, Tapi Mavericks Bisa Perpanjang Seri

Meski kalah telak di game 4, Celtics masih difavoritkan menjadi juara final NBA 2024. Mereka unggul 3-1 dan akan main di kandang di game 5. Jika mereka menembak lebih baik dari 36% seperti di game 4, mereka bisa mengunci gelar juara.

Namun jika Dončić dan Irving bisa tampil seperti di 2 game terakhir final NBA 2024, dan para role player seperti Lively berkontribusi, Mavericks punya kans menang tandang dan membawa seri kembali ke Dallas.

Yang jelas, game 5 akan sangat krusial di final NBA 2024 ini. Celtics ingin mengunci gelar secepat mungkin, sementara Mavericks ingin memperpanjang seri dan mungkin mencetak sejarah sebagai tim pertama yang menang setelah tertinggal 0-3. Saksikan kelanjutan seri sengit final NBA 2024 ini!

BACA JUGA:  Boston Celtics Raih Gelar Juara NBA ke-18, Pecahkan Rekor Sepanjang Masa!
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *